Apa peran susu dalam makanan sehat?

Produk susu dan susu telah disertakan dalam rekomendasi diet sehat di seluruh dunia. Susu secara global dianggap sebagai bahan makanan penting bagi semua orang dalam semua tahap kehidupan mereka, mulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa dan orang tua. Ini menjadi jelas saat melihat lebih dekat rekomendasi nutrisi sehat. Susu menyediakan nutrisi penting dan berharga, seperti protein, vitamin B2 dan B12, dan mineral, seperti kalsium, fosfor dan kalium.

Hoe wordt karnemelk gemaakt?Panduan diet adalah panduan untuk makanan sehat yang disusun untuk mencegah kekurangan asupan nutrisi. Terlepas dari hal tersebut, mereka semakin diarahkan untuk mencegah penyakit tidak menular. Panduan di berbagai negara secara umum mengandung pesan yang sama berdasarkan prinsip ilmu gizi (seperti makan cukup buah dan sayuran). Di sisi lain, panduan nasional seringkali mengandung karakteristik unik berdasarkan prioritas dan kebiasaan budaya negara yang terlibat. Dalam kebanyakan panduan diet, jumlah susu dan produk susu yang disarankan, seperti yoghurt dan keju, adalah dua sampai tiga porsi sehari.

Tabel 1 Nilai gizi susu skim, semi skim dan full-cream per 100 ml

  Susu skim   Susu semi-skim   Susu full-cream    
    per 100 ml   per 100 ml   per 100 ml
Energi kJ/kcal 150/35 201/47 273/65
Lemak g 0,3 1,8 3,7
Asam lemak jenuh g 0,1 1,1 2,4
Karbohidrat g 5,0 4,8 4,7
Gula g 5,0 4,8 4,7
Serat pangan g 0,0 0,0 0,0
Protein g 3,6 3,6 3,5
Garam g 0,1 0,1 0,1
Vitamin dan mineral     % DRI*   % DRI*   % DRI*  
Vitamin B2 mg 0,23 18/21 0,25 19/23 0,24 18/22
Vitamin B12 mcg 0,8 53,0 0,9 60 0,9 60
Kalium mg 168 4,8 161 4,6 162 4,6
Kalsium mg 130 19 124 18 124 18
Fosfor mg 100 18 97 18 99 18

Sumber: Finglas P.M., et al. (2015) McCance and Widdowson’s The Composition of Foods, Seventh summary edition. Cambridge: Royal Society of Chemistry.

* DRI: Dietary Reference Intake (sebelumnya Recommended Daily Allowance) untuk vitamin dan mineral berdasarkan hukum Eropa.