Peran protein pada tahap awal dan lanjut kehidupan

Pada Asian Congress of Nutrition 2019 (4-7 Agustus 2019), FrieslandCampina Institute menyelenggarakan simposium dengan tema “Peran Protein dalam Tahap Awal dan Lanjut Kehidupan”. Melalui simposium ini, para ahli berbagi pandangan mereka tentang pentingnya protein untuk perkembangan pada masa pertumbuhan anak dan pada proses penuaan.

Role of proteinDr. Damayanti R. Sjarif, dosen senior di Departemen Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan salah satu dokter anak dengan kredibilitas tinggi, menyoroti bahwa salah satu masalah utama perkembangan anak di Asia, yaitu stunting, mempengaruhi perkembangan fisik dan kognitif anak dan dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit tidak menular. Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan stunting adalah asupan zat gizi yang tidak memadai. Beliau menekankan bahwa salah satu zat gizi terpenting yang berperan besar dalam pencegahan stunting adalah protein. Melalui presentasinya, beliau juga berkomentar bagaimana protein hewani terutama sangatlah penting bagi pertumbuhan anak. Sumber protein hewani seperti daging merah, unggas, ikan, telur dan susu menyediakan protein berkualitas tinggi yang memiliki semua sembilan asam amino esensial untuk melengkapi asupan zat gizi yang dibutuhkan dalam perkembangan anak-anak.

Dr. Ruth Chan, peneliti senior dari The Chinese University of Hong Kong, melanjutkan sesi simposium dengan presentasinya mengenai proses penuaan yang sehat. Di Asia, seiring dengan pertambahan populasi, populasi yang menua menjadi tantangan kesehatan masyarakat yang lebih besar. Mendidik para ahli kesehatan profesional dan orang-orang berusia lanjut mengenai peran protein dan memberikan informasi terperinci seperti jumlah protein yang optimal untuk dikonsumsi, pentingnya kualitas protein dan distribusi asupan protein harian untuk mendukung proses penuaan yang baik sangatlah penting. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan ketika menilai kebutuhan protein individu di antaranya adalah: status gizi awal mereka, asupan protein kebiasaan dan variasi budaya dalam asupan makanan.

Lihat video wawancara

Lihat video highlight dari Asian Congress of Nutrition 2019