Pedoman diet Berbasis Makanan di seluruh dunia

Voedingsrichtlijnen van over de hele wereld vergeleken 2

Mahasiswa Universitas Wageningen (Belanda) bekerja sama dengan Institut Nasional Belanda untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan dan Pusat Nutrisi di Belanda memberikan rangkuman tentang pedoman diet berbasis makanan yang resmi di seluruh dunia. Mereka menemukan bahwa 93 dari 226 negara memiliki pedoman diet berbasis makanan, di mana model hierarkis, seperti piramida, digunakan setara dengan model non-hierarkis, seperti piring.

Pedoman diet berbasis makanan (Food-based dietary guideline/FBDG) fokus pada hubungan antara kesehatan dan pola makan secara keseluruhan, bukan hubungan antara kesehatan dan nutrisi ‘tunggal’. Di seluruh dunia, terdapat perbedaan FBDG, karena masalah gizi dan kesehatan yang spesifik di setiap negara, dan faktor ekonomi dan budaya, seperti preferensi makanan dan kebiasaan makan. Mahasiswa Universitas Wageningen (Belanda) meninjau FBDG di seluruh dunia bekerja sama dengan Institut Nasional Belanda untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan dan Pusat Nutrisi di Belanda. Temuan mereka telah dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition & Food Safety (Erve et al., 2017).

Panduan Diet Negara-negara di Dunia

Pencarian internet menemukan 93 dari 226 negara memiliki panduan diet berbasis makanan. Sebagian besar (79) terdiri dari representasi visual, seperti panduan Eatwell di Inggris Raya dan Lima Roda (‘Schijf van Vijf’) di Belanda. Di 11 negara (Brasil, Chili, El Salvador, Georgia, Ghana, Indonesia, Italia, Makedonia, Mauritius, Nepal dan Selandia Baru), FBDG bukanlah pesan visual tetapi tertulis dan di Greenland, Malawi dan Swedia, FBDG terutama terdiri dari teks dan beberapa visual.

Kelompok makanan paling menonjol

Analisis pada kelompok makanan yang berbeda, sehubungan dengan jumlah relatif dari porsi makanan, menunjukkan bahwa sereal adalah kelompok makanan paling penting di 57 FBDG, diikuti oleh minuman non-kalori di 8 FBDG dan buah-buahan dan sayuran di 6 FBDG.

  • Produk susu adalah kelompok makanan terpisah di 51 FBDG. Di 40 FBDG ikan, daging dan telur adalah kelompok makanan yang terpisah, dan di 21 FBDG, produk susu, ikan, daging dan telur adalah kelompok makanan gabungan.
  • Minyak dan lemak adalah bagian dari seluruh 93 FBDG, kecuali untuk FBDG di Singapura. Gula dan / atau pemanis disebutkan dalam 82 FBDG, sedangkan mereka direpresentasikan sebagai kelompok makanan terpisah dalam setengah dari studi kasus.

Model

Sebagian besar FBDG terdiri dari 7 atau 6 kelompok makanan, di mana model hierarkis, seperti piramida, digunakan setara dengan model non-hierarkis, seperti piring. Di 9 negara, FBDG disajikan sebagai simbol nasional, misalnya Pagoda Makanan di Cina.

Temuan dari Erve et al., 2017 memberikan gambaran tentang negara-negara dengan FBDG resmi. Lampiran dari studi tersebut mencakup ringkasan nama resmi FBDG, tanggal publikasi dan kelompok makanan yang dipilih. Selain itu disampaikan juga aspek visual, seperti bentuk dan warna yang ditampilkan.

Referensi

Van ’t Erve et al. (2017). Overview of Elements within National Food-Based Dietary Guidelines. European Journal of Nutrition & Food Safety, 2017, 7(1): 1-56, 2017; Article no.EJNFS.2017.001.