Laporan FAO terbaru: Keamanan pangan dan gizi di Eropa dan Asia Tengah

Pada 11 Desember 2018, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO/Food and Agriculture Organization) Perserikatan Bangsa-Bangsa merilis laporan baru. Laporan ini menyajikan analisis mendalam tentang perkembangan negara-negara di kawasan Eropa dan Asia Tengah untuk mencapai target ketahanan pangan dan gizi.

Laporan FAO terbaru: Keamanan pangan dan gizi di Eropa dan Asia TengahLaporan ‘Tinjauan Regional Ketahanan Pangan dan Gizi: Eropa dan Asia Tengah 2018’, juga memberikan gambaran umum mengenai keputusan kebijakan terbaru dan menjadi pendorong untuk ketahanan pangan dan tinjauan nutrisi. Selain itu laporan ini juga meneliti hubungan antara migrasi, jenis kelamin, keremajaan, pembangunan area rural dan ketahanan pangan.

Pesan kunci dari laporan tersebut adalah:

  • Selama dua dekade terakhir, ketahanan pangan di kawasan Eropa dan Asia Tengah (ECA/Europe and Central Asia) telah meningkat secara substansial. Namun, tren ini tampaknya stagnan, terutama di Asia Tengah.
  • Sekitar 19 juta orang (~ 14 juta orang dewasa dan 5 juta anak) menderita kerawanan pangan yang parah, yaitu sekitar 2,1% dari populasi wilayah ECA. Prevalensi ini jauh lebih rendah daripada rata-rata dunia 9,2%, tetapi masih menjadi perhatian di beberapa negara.
  • Secara keseluruhan, malnutrisi di wilayah ECA telah membaik. Namun, prevalensi kelebihan berat badan pada anak-anak dan obesitas di kalangan orang dewasa terus meningkat, yang saat ini menjadi perhatian serius. Di sisi lain, di beberapa daerah (terutama daerah pedesaan dan terpencil) kasus stunting dan wasting masih lazim ditemui.
  • Malnutrisi, dalam salah satu dari tiga jenis utama – kekurangan gizi, kelebihan berat badan dan obesitas, serta defisiensi zat gizi mikro – ditemukan dengan tingkat bervariasi di semua negara di wilayah ECA. Seringkali ketiga jenis malnutrisi tersebut ditemui bersamaan, sehingga disebut ‘tiga beban malnutrisi’.

Klik di sini untuk membuka laporan.

Referensi:

FAO, 2018. Publication Regional Overview of Food Security and Nutrition in Europe and Central Asia 2018. Budapest. 110 pp. Licence: CC BY-NC-SA 3.0 IGO.