Hari Susu Sekolah Sedunia 2018

Dimulai oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), World School Milk Day jatuh pada 26 September tahun ini. Peringatan ini dimulai sebagai inisiasi untuk menciptakan kesadaran program susu sekolah dan merayakan manfaat dari program tersebut.

19th World School Milk DayLebih dari setengah anak-anak Indonesia yang berusia 0,5-12 tahun memiliki tingkat asupan energi, protein, dan vitamin A dan C di bawah rekomendasi asupan harian. (1) Kebijakan yang lebih baik, perencanaan dan implementasi program kesehatan dan gizi yang telah ada, diperlukan untuk membantu anak-anak mendapatkan nutrisi yang optimal dan agar tetap sehat.

Pedoman gizi setiap negara merekomendasikan konsumsi susu sesuai dengan budaya dan kebiasaan makan khas negara tersebut. Banyak negara merekomendasikan konsumsi 2-3 porsi susu setiap hari. Di Indonesia, Pedoman Gizi Seimbang merekomendasikan 1 porsi susu per hari. (2) Penting untuk dicatat bahwa ukuran porsi berbeda antar negara. Misalnya, di Belanda, satu porsi susu biasanya adalah 150 ml dan di Amerika Serikat adalah 240 ml.

Susu termasuk dalam banyak pedoman diet di seluruh dunia karena kontribusinya terhadap asupan nutrisi, seperti protein, kalsium dan vitamin B2 dan B12. Protein menyediakan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk membantu membangun dan memelihara jaringan tubuh, membantu pembentukan jaringan, dan pertumbuhan tinggi dan berat badan. (3) Kalsium membantu mendukung perkembangan tulang dan gigi yang kuat. Di banyak negara Asia, susu dan produk susu lainnya diperkaya dengan vitamin A dan D.

Baca selanjutnya:

 

References

  1. Sandjaja Sandjaja, et al (2013). Food consumption and nutritional and biochemical status of 0·5 –12-year-old Indonesian children: the SEANUTS study. British Journal of Nutrition 2013; 110: S11–S20.
  2. Kementerian Kesihatan Republik Indonesia (2014). Pedoman Gizi Seimbang. http://gizi.depkes.go.id/download/Pedoman%20Gizi/PGS%20Ok.pdf.
  3. Puentes et al (2016). Early life height and weight production functions with endogenous energy and protein inputs. Economics & Human Biology 2016; 22: 65–81.