FAO: susu berperan penting untuk keamanan gizi

Pentingnya produk susu di dunia ditetapkan selama World Dairy Summit di Rotterdam, Belanda

Produk susu memainkan peran dalam meningkatkan keamanan pangan di seluruh dunia. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, FAO, telah menetapkannya dalam Deklarasi Rotterdam, sebuah pernyataan yang dibuat oleh FAO bekerja sama dengan International Dairy Federation (IDF/ Federasi Produk Susu Internasional).

FAO: zuivel essentieel voor terugdringen armoedeDeklarasi Rotterdam ditandatangani pada tanggal 19 Oktober 2016 oleh Ren Wang, Asisten Direktur Jenderal Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), dan Jeremy Hill, Presiden International Dairy Federation. Ini terjadi selama pertemuan terakhir World Dairy Summit, yang diadakan di Rotterdam dalam beberapa hari terakhir.

Kedua pihak menyatakan bahwa produk susu penting untuk diet yang seimbang, bergizi dan sehat. Oleh karena itu produksi produk susu sangat penting untuk pendapatan penduduk memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi di berbagai negara. Bersamaan dengan itu dinyatakan bahwa sektor produk susu memainkan peran kunci dalam pengendalian ekosistem di dunia, dalam perubahan iklim dan keanekaragaman hayati.

FAO dan IDF setuju bahwa instrumen dan pedoman harus disiapkan untuk mempermudah produksi susu yang berkesinambungan. Metode produksi berkesinambungan perlu didukung dan, sebagai tambahan, keberlanjutan harus dipantau.

Sumber: NZO (Dutch Dairy Association)

Lihat Deklarasi Rotterdam di sini.

FAO: zuivel essentieel voor terugdringen armoede 1